Menurut saya, salah satu perusahaan paling inovatif adalah otis escalator company. Perusahaan ini adalah perusahaan pertama yang memproduksi eskalator secara komersial.bagi sebagian orang, mungkin ini adalah hal yang terabaikan. Namun bayangkan saja apa jadinya sebuah gedung pertokoan bertingkat lebih dari dua tanpa alat ini? Bisa dibayangkan bahwa pengunjung akan merasa kelelahan ataupun malas mengunjungi lanta-lantai atas. Eskalator juga sangat membantu ketika kita membawa banyak barang atau barang yang cukup berat.

Alat ini sangat menguntungkan dalam hal daya tampung jika dibandingkan dengan lift. Lift memiliki daya tampung yang terbatas pada besarny ruang lift dan berat badan para penggunanya. Sedangkan eskalator dapat menampung orang dengan jumlah yang jauh lebih banyak tanpa harus lama menunggu. Hal ini menguntungkan karena kita seringkali merasa jenuh untuk menunggu lift sampai di lantai tempat kita menunggu. Kelemahan alat ini dibandingkan dengan lift adalah alat ini hanya dapau memindahkan kita ke satu lantai di atas atau di bawah kita. Sementara itu lift dapat memindahkan kita ke lantai-lantai lain dengan sekali perjalanan.

Saya pikir produksi alat ini secara masal adalah suatu hal yang inovatif. Saat itu (tahun 1900) orang-orang sama sekali tidak terpikir akan suatu ide tentang tangga berjalan karena mereka terbiasa menggunakan tangga konvensional. Keputusan untuk memproduksi eskalator secara komersial adalah tindakan yang dicemooh banyak orang. Bnamun pada ahirnya hal ini diterima bahkan banyak diterapkan terutama oleh pusat-pusat perbelanjaan.

Advertisements